Beranda » Otomotif » Tips N trick merawat motor matic

Tips N trick merawat motor matic

Dewasa ini sepertinya Sepeda motor matik sekarang semakin sering mudah dijumpai di mana-mana . peminat terhadap motor matic ini sepertinya sudah hampir menjadi salah satu pujaan baru di dunia sepeda motor di indonesia . bahkan menurut feeling saya kedepannya mungkin motor matic ini akan menjadi salah satu kandidat menjadi motor pujaan baru , selain dari motor bebek dan motor sport. nah Untuk menjaga supaya performa motor matic tetap prima, salah satunya adalah perlunya servis ringan secara berkala .

Berikut ada beberapa saran  untuk merawat dan menjaga performa motor matik anda performa  ;

  1. Sangat disarankan sebelum pergi mengendarai motor matik alangkah baiknya mesin motor dipanaskan dahulu , sekitar 1 sampai 3 menit, (jangan terlalu lama).
  2. Pada saat mengendarai motor, kita jangan terlalu sering melaju kecepatan dengan intensitas tidak stabil (nge gas , kemudian tutup gas dengan cepat atau istilahnya digerung-gerung ) . mengapa ?? karena kalau anda berkendara dengan cara seperti itu berarti anda tidak sayang dengan motor anda dan dapat  memperpendek usia mesin .
  3. sebaiknya jangan membiarkan bensin sampai habis didalam tank , usahakan dilebihkan mengapa ?? karena biasanya kotoran-kotoran dalam tank bensin sering terbawa ketika bensin didalam tank hampir habis dan jangan mengisi bensin di pedagang eceran ! .
  4. selalu Mengganti oli transmisi (oli gear box) motor maksimal setiap 5 ribu km dan oli mesin secara berkala setiap 5000 km(untuk pemakaian wajar, namun untuk pemakaian setiap hari dengan jarak tempuh agak jauh sebaiknya jangan menunggu 5000km untuk mengganti oli , sebulan sekali dianjurkan ).
  5. Selalu memeriksa kondisi busi dan aki. Sebab, kedua perangkat tersebut membuat motor matik bertenaga . Apabila aki atau busi sudah tidak berfungsi segeralah diganti dengan standar busi pabrik (biasanya merk standar pabrikan NGK)
  6. Nah ini yang paling penting harap diperhatikan juga memeriksa kondisi vent belt dan roller secara rutin. Jika sudah ada yang peyang di roller disarankan segera ganti , begitu juga dengan vent belt apabila sudah ditemukan banyak retakan dan terlebih lagi sudah longgar sebaiknya diganti.
  7. Selalu perhatikan ruang bagian kopling (transmisi), di ruangan transmisi terdapat komponen yang rentan kotoran. Bersihkanlah ruang transmisi minimal 2 bulan sekali , terlebih lagi apabila  kebanjiran pasti air masuk kedalam , harap segera dibersihkan.

semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s